Kamis, 04 Juli 2013

ISTILAH DALAM KAMERA CANON DSLR

Pemakai kamera DSLR Canon layak bersyukur karena banyaknya pilihan lensa Canon yang bisa ditemui di pasaran. Canon memang terkenal punya koleksi lensa yang lengkap dari fix hingga zoom, dari fisheye, wide, normal hingga telefoto. Tapi banyaknya pilihan ini disertai dengan banyaknya istilah dan kode yang tentunya bisa membingungkan sebagian pemakai kamera DSLR Canon khususnya bagi mereka yang baru pertama kali memakai kamera DSLR. Bayangkan saat orang awam bertemu dengan istilah di lensa Canon EF 70-200mm f/4L IS USM, mungkin tidak setiap kita bisa mengerti maksud kode-kode yang tertulis di bodi lensa tersebut.
Buat para pemula yang baru mau terjun masuk ke dalam dunia photography,alangkah baiknya kalo kalian terlebih dahulu memahami maksud kode-kode di lensa Canon EF dan Lensa EF-s,IS,USM,L series,DO.  ada baiknya mengenali dulu istilah-istilah di lensa Canon berikut ini :

Lensa EF (ElectroFocus) : lensa ini di design untuk kamera full frame tetapi lensa ini juga bisa di pakai di lensa APS-c (lensa crop). Lensa ini bisa di kenali dari belakang lensa yaitu titik merah.

Lensa EF-s (ElectroFocus untuk “s” nya ShortBack) : lensa ini di design untuk kamera crop. Lensa ini tidak dapat masuk di kamera full frame.lensa ini dapat di kenali dengan cara melihat di belakang lensa. Dan lensa ini bertitik putih.
NB : selain lihat di belakang lensa,perbedaan lensa ini juga dpt di lihat pada lensa dan kotak lensa.selain itu harga lensa dengan titik merah,lebih mahal,tetapi lebih berguna karena pada saat kita mau meng-upgrade kamera kita ke kamera full frame,lensa titik merah ini bisa dipakai dan anda tidak perlu menghabiskan uang untuk mengganti lensa lagi,kita bisa menambah lensa kita atau mungkin membeli aksesoris lain nya.

Lensa seri L (luxury)
Kelas lensa mewah keluaran Canon, Canon seri L dirancang menggunakan material optik berkualitas prima dengan harga yang juga ehm.. prima. Lensa ini tujukan untuk kalangan fotografer profesional atau pehobi kelas serius. Lensa seri L tangguh secara mekanis dan tahan cuaca. Lensa seri L semua berada dalam kategori lensa EF dan bisa dipakai dengan kamera full frame maupun non full frame.

IS (image stabilizer)
Lensa dengan IS dilengkapi teknologi untuk meminimalkan blur dengan mengkompensasi gerakan tangan saat memegang lensa, sangat berguna untuk pemotretan low light atau saat menggunakan lensa tele.

DO – Diffractive Optic
Lensa dengan fitur DO dirancang untuk meminimalkan chromatic aberration(akan saya bahas di artikel selanjutnya) sekaligus mengurangi berat serta ukuran lensa.

USM – Ultra Sonic Motor
Semua lensa Canon memiliki motor didalamnya, namun jika dilengkapi teknologi USM berarti lensa memiliki kemampuan autofokus lebih cepat, suaranya tidak begitu berisik dan lebih hemat batere serta kita bisa mengganti dari autofokus ke manual fokus hanya dengan memutar ring lensa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar